Selasa, 05 Januari 2016

Kegiatan Liburan

Assalamualaikum Wr. Wb.
Masa liburan sekolah sudah tiba. Tetapi, sekolah saya yaitu SMA Negeri 10 Samarinda memberikan tugas yang sebenarnya tidak terlalu sulit, tapi lumayan untuk mengisi waktu luang  pada masa liburan dengan kegiatan positif seperti ini, yaitu dengan membuat artikel tentang apa yang kita kerjakan pada masa liburan.
Saya sendiri, yang saat ini liburannya hanya di Samarinda tidak terlalu banyak melakukan kegiatan seperti teman-teman lain yang berlibur ke luar kota atau bahkan ke luar negeri. Tetapi, pada hari pertama liburan saya dan keluarga pergi ke Balikpapan untuk menghadiri acara family gathering yang memang selalu diselenggarakan oleh tempat kerja ayah saya pada akhir tahun. Panitia memutuskan untuk melaksanakan acara di Pantai Manggar. Kawasan Pantai Manggar sangat luas sehingga dapat dimanfaatkan sebagai tempat berlibur dan bermain yang menarik untuk keluarga maupun teman. Sebagian besar bangunan yang berada di lokasi kawasan Pantai Manggar merupakan penjual makanan, minuman, dan berbagai souvenir. Di sana juga menyediakan banyak wc umum untuk bilas maupun buang air besar dan kecil. Pengunjung dapat melakukan aktivitas yang menyenangkan seperti naik banana boat, naik perahu mengelilingi pantai, berenang, bermain bola, bermain layangan, dan lain lain. Saat hari sudah siang, panitia acara tersebut mulai membakar ayam dan ikan untuk dimakan. Panitia juga sudah menyiapkan lauk pauk lainnya. Setelah selesai, kami berpisah dari rombongan yang kembali ke Samarinda. Kami memilih untuk jalan-jalan sebentar di Balikpapan.
Dari sebelum liburan, keluarga saya sudah berencana untuk pindah rumah sehingga kami sudah mulai mengosongkan rumah kami yang sebelumnya dan memindahkannya ke rumah yang baru. Kami pindah rumah tepat pada tanggal 23 Desember 2015. Saat sampai rumah baru, barang-barang kami sudah lengkap, tetapi belum tersusun dengan rapi. Jadi, kami mulai untuk membereskan rumah baru kami. Cukup melelahkan dan memakan waktu yang banyak untuk menghabiskan waktu liburan. Untuk satu ruangan saja, menyusunnya bisa sampai berjam-jam lamanya. Belum lagi perdebatan kecil tentang dimana suatu barang harus diletakkan. Karena kami pindah rumah, kami jadi memperhatikan barang-barang yang kami bawa, kami memilah-milah barang yang tidak kami gunakan lagi tetapi masih bagus. Kebetulan, saat itu teman saya berencana untuk pergi ke panti asuhan, jadi saya menitipkan barang yang sudah saya dan keluarga saya pilah sebelumnya pada teman saya untuk menyumbangkannya ke panti asuhan. Saya tidak bisa ikut karena saya sendiri masih membereskan kamar saya yang masih berantakan.
Pada malam tahun baru, kami hanya berada di rumah menonton acara televisi dan melakukan aktivitas lainnya. Ayah saya membeli makanan di luar, dan kami memakannya bersama-sama di rumah. Kami hanya berada di rumah karena adik saya baru saja sunat pada pagi harinya, sehingga tidak bisa pergi jalan-jalan keluar.
Keesokan harinya, kami pergi jalan-jalan ke Tenggarong, lebih tepatnya ke tempat wisata Ladaya. Ladaya ini merupakan salah satu tempat wisata outdoor yang sangat luas. Disana terdapat banyak wahana menarik seperti mini zoo, outbond, paint ball,dan juga rumah-rumah Odah Rehat yang bisa disewakan. Harga sewa rumah kayu ini ditawarkan Rp 200.000 – Rp 250.000 sehari, kalau menginap biayanya Rp 250.000 – Rp 300.000 (sudah mendapat sarapan). Arena permainan paint ball di Ladaya dibuat menyerupai medan perang yang gersang. Terdapat miniatur pesawat dan mobil tempur. Biasanya, jika kita kesana pada jam tertentu kita akan ditemani dengan alunan live music.
Sekian dari artikel tentang kegiatan liburan saya. Kurang lebihnya saya mohon maaf.